Destinasi Liburan di Toraja, Surga Pesona Budaya

By | October 1, 2016

Tana Toraja, salah satu tempat mempesona yang ada di Sulawesi Selatan. Berdasarkan letak geografisnya, Tana Toraja adalah suatu kabupaten di Sulawesi Selatan. Daerah ini masih kental akan budaya. Tempat ini sangat cocok untuk wisata budaya sekaligus wisata alam. Banyak destinasi liburan di Toraja dengan pemandangan nan rupawan. Anda dapat menikmati nuansa pesona alam dalam balutan budaya yang kental. Oleh karena kelestarian budayanya, Tana Toraja dinobatkan menjadi salah satu dari situs warisan budaya dunia yang tercatat di UNESCO.

Masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai adat dan budaya. Sampai saat ini, gaya hidup masyarakatnya sangat khas. Upacara adat dan simbol-simbol adat kebudayaan Tana Toraja masih dapat dijumpai dengan mudah. Destinasi liburan di Toraja tidak hanya budaya. Pemandangan di sekitarnya masih asri dan terlihat sangat lestari. Kelestarian alam dan budaya Tana Toraja sangat mengagumkan. Tak heran jika banyak wisatawan berbondong-bondong menuju ke tempat unik ini.

Destinasi Liburan di Toraja Berbalut Budaya

Londa, sebuah kompleks pemakaman khas di Toraja yang terletak di tebing batu dan menjadi destinasi liburan di Toraja. Londa berada sekitar 7 km di selatan Kota Rantepao. Rantepao adalah pusat pariwisata dan akomodasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja. Berkunjung ke Londa dapat ditempuh menggunakan ojek, bemo, maupun mobil sewaan, karena letaknya yang strategis. Menariknya, terdapat gua-gua atau lubang yang sengaja dipahat untuk meletakkan peti mati berisi jenazah, di sepanjang tebing batu tersebut. Peletakan peti mati tersebut diatur sesuai garis keluarga. Ada patung yang disebut Tau-Tau di setiap gua. Patung tersebut terbuat dari kayu nangka dengan warna mendekati warna kulit manusia dan dibuat menyerupai orang yang sudah meninggal.

Tana Toraja terkenal dengan keunikan makam kunonya. Di wilayah Batutumonga, lereng Gunung Sesean, berjajar makam batu kuno. Bori Parinding adalah salah satunya yang populer dan ada sejak tahun 1717. Bori Parinding adalah makam khusus orang bangsawan, keturunan Ramba. Kekhasan makam ini adalah adanya batu menhir raksasa. Upacara pemakaman Rambu Solo dilakukan dengan penyembelihan kerbau, babi, anoa, dan sapi. Batu menhir digunakan sebagai tiang pengikat untuk hewan yang disembelih. Di Bori Parinding, terdapat makam khusus bayi yang terletak di pohon Tarra yang berdiameter 80 cm dan berusia ratusan tahun. Mengapa pohon Tarra? Pohon Tarra mengandung getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu untuk bayi yang sudah meninggal. Kepercayaan memakamkan bayi di dalam pohon mengandung kepercayaan seperti mengembalikan bayi ke rahim ibunya.

Salah satu destinasi liburan di Toraja adalah Ranteallo, kompleks rumah adat Toraja yang posisinya saling berhadapan. Ranteallo berada di Kecamatan Tallunglipu dan merupakan area perumahan warga. Di belakang rumah tersebut terdapat kandang hewan, seperti kerbau, sapi, babi, dan sebagainya. Warga Toraja memelihara hewan tersebut untuk dijual dan digunakan apabila ada upacara adat. Selain itu, ada rumah leluhur sebagai tempat penyimpanan jenazah, yang bernama Tongkonan.

Wisata budaya Anda belum lengkap, jika belum berkunjung ke Museum Ne’Gandeng yang berada di Desa Palangi, Sa’dan Balusu, Toraja. Destinasi liburan di Toraja berupa museum tersebut terletak di bawah pengelolaan Yayasan Keluarga Besar Ne’Gandeng, salah satu leluhur di Tana Toraja. Ne’Gandeng merupakan tetua yang pada masa hidupnya memperhatikan kesejahteraan masyarakat, seperti mengusulkan masuknya listrik di daerah Toraja. Di area museum, Anda akan melihat pondok berbentuk rumah adat Toraja. Museum juga diperuntukkan untuk menggelar prosesi pemakaman.

Panorama Jelita di Tanah Budaya, Destinasi Liburan di Toraja

Pesona alam nan lestari dapat dijumpai di Tana Toraja. Destinasi liburan di Toraja berikutnya adalah Kete Kesu, sebuah desa wisata di wilayah perbukitan dengan udara sejuk dan pemandangannya yang menawan. Area persawahan membentang hijau, juga dapat disaksikan. Di kawasan Kete Kesu juga meneydiakan toko souvenir khas Toraja. Ukiran kayu khas Toraja adalah buah tangan yang paling populer. Motifnya dominan hewan dan tanaman yang melambangkan kebaikan dan kesejahteraan.

Selain wisata budaya, destinasi liburan di Toraja selanjutnya adalah air terjun Sarambu Assing. Kesegaran airnya yang jernih mampu menghilangkan rasa lelah setelah berkeliling seputar kawasan Tana Toraja. Air terjun ini terletak di Lembang Patongloan, Bittuang, Tana Toraja. Ketinggian air tejun adalah 40 meter. Pegunungan dan hutan di sekelilingnya adalah sumber mata air di air terjun Sarambu Assing. Lokasi air terjun dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun empat. Panorama alam hijau yang melingkupi air terjun ini menawarkan nuansa berbeda. Kekentalan budaya Tana Toraja yang terkesan mistis, seakan sirna saat berada di air terjun ini. Kawasan ini cocok bagi Anda para pecinta alam.

Rekreasi untuk mengisi waktu liburan adalah hal yang mengasyikkan. Tana Toraja menyediakan wisata budaya sekaligus wisata alamnya. Pengetahuan terkait budaya dan nilai-nilai adat dapat diperoleh di Toraja. Panorama indahnya yang asri, memberi warna baru yang melengkapi momen wisata di tanah budaya ini. Destinasi liburan di Toraja sangat beragam dan merupakan solusi tepat bagi momen istimewa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *